1.
Apa Yang
Dimaksud Dengan Pengembang Software?
Pengembangan software menurut
Janner Simarmata dalam bukunya yang berjudul REKAYASA PERANGKAT LUNAK karena
terjadinya krisis perangkat lunak pada tahun 1960 karena praktik rekayasa
perangkat lunak kurang dapat diterima. Perkembangan perangkat lunak sampai
sekarang terbagi dalam beberapa era, yaitu :
a.
ERA PEMULA
b.
ERA STABIL
c.
ERA MIKRO
d.
ERA MODERN
Pada bab 1.2.5
menyebutkan dengan berkembangnya permintaan untuk perangkat lunak pada
organisasi lebih kecil, kebutuhan akan solusi perangkat lunak murah mendorong
pertumbuhan menjadi lebih sederhana, metodologi yang lebih cepat, yaitu
pengembangan untuk menjalankan perangkat lunak dari kebutuhan penyebaran yang
lebih cepat dan lebih mudah.
(source:ebook/Rekayasa-Perangkat-Lunak,Janner Simarmata)
2. Model
Pengembangan Software terdiri dari (jelaskan dan sebutkan)?
Masih dalam buku Janner
Simarmata yang berjudul REKAYASA PERANGKAT LUNAK model pengembangan software
terbagi dalam beberapa proses, yaitu :
a.
MODEL PENGEMBANGAN AIR TERJUN
Kemunculan model air terjun untuk membantu mengatasi
kerumitan yang terjadi akibat proyek proyek pengembangan perangkat lunak (Boehm
1976). Sebuah model air terjun memacu
tim pengembang untuk memerinci apa yang seharusnya perangkat lunak lakukan
(mengumpulkan dan menentukan kebutuhan sistem) sebelum sistem tersebut
dikembangkan.
Model ini memungkinkan pemecahan misi pengembangan yang
rumit menjadi beberapa langkah logis (desain kode penguji dan seterusnya)
dengan beberapa langkah yang pada akhirnya akan menjadi produk akhir yang siap
pakai.
b.
PENDEKATAN PROTOTIPE
Sebuah prototipe adalah bagian dari produk yang
mengekspresikan logika maupun fisik antarmuka eksternak yang ditampilkan.
c.
MODEL SPIRAL
Model spiral ini dikembangkan oleh Boehm (1988) berdasarkan
pada pengalamannya dengan berbagai perbaikan pada model air terjun, model ini
dititikberatkan pada pembuatan prototipe dan manajemen resiko yang sangat
fleksibel jika dibandingkan dengan model air terjun. Dasar model ini adalah
bahwa setiap bagian produk dan setiap tingkatan melibatkan urutan yang sama
pada setiap langkah (siklus).
d.
MODEL PROSES PENGEMBANGAN ITERATIF
Model Iterative
Development process (IDP) menggabungkan pembuatan prototipe dengan kekuatan
dari model air terjun klasik.
(source: ebook /Rekayasa-Perangkat-Lunak,Janner
Simarmata)
3. ERD
adalah?
ERD menurut buku METODE
ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM oleh Prof Dr Sri Mulyani, AK, CA adalah tools
yang digunakan untuk melakukan pemodelan data secara abstrak dengan tujuan
untuk mendeskripsikan atau menggambarkan struktur dari data yang akan digunakan
(Bagui dan Erap, 2003)
(source:
ebook/Metode-Analisi-Dan-Perangcangan-Sistem,Prof Dr Sri Mulyani)
4. LRS
adalah?
LRS (Logical Record Structure) merupakan
representasi dari struktur record record pada table-tabel yang terbentuk dari
hasil relasi antar himpunan entitas pada diagram E-R.
(Kusrini dalam Nugraha dan Oktasiana, 2016)
5. UML
adalah ?
Menurut buku Adi Nugroho yang berjudul REKAYASA PERANGKAT LUNAK
BERORIENTASI OBJEK DENGAN METODE USDP, UML (UNINFIED
MODELING LANGUAGE) adalah Bahasa pemodelan untuk system atau perangkat
lunak yang berparadigma ‘berorientasi objek’, pemodelan sesungguhnya digunakan
untuk penyederhanaan permasalahan-permasalahan yang kompleks sedemikian rupa
sehingga lebih mudah dipahami dan dimengerti.
(source:ebook/REKAYASA-PERANGKAT-LUNAK-BERORIENTASI-OBJEK-DENGAN-METODE-
USDP,Adi Nugroho)
6. OOP adalah?
OOP (OBJECT ORIENTED PROGRAMMING)
dalam buku MEMBUAT APLIKASI DATABASE oleh Miftakhul Huda adalah metode
pemograman yang mengikuti konsep-konsep berorientasi objek .
(source:ebook/membuat-aplikasi-database,Miftakhul Huda)
7. Komponen-Komponen
ERD (Sebutkan dan Jelaskan)?
Komponen-komponen ERD terdiri dari Entitas (Entity), Atribut (Attribute),
Relasi (Relationship).
-Entitas adalah suatu objek didunia nyata yang
dapat dibedakan didunia nyata.
Atribut merupakan semua informasi yang berkaitan dengan entitas.
-Relasi adalah penghubung antara entitas dan atribut.
(MANAJEMEN BASIS DATA MENGUNAKAN MySQL, Robi Yanto M.Kom, Yogyakarta,
Februari 2016).
8. Komponen-Komponen LRS (Sebutkan dan
Jelaskan)?
Komponen – Komponen LRS :
-Ratio One to One (1:1) Setiap anggota entitas A hanya boleh berhubungan
dengan satu anggota entitas B, begitu pula sebaliknya.
One to Many (1:M / Many) Setiap anggota entitas A dapat berhubungan
dengan lebih dari satu anggota entitas B tetapi tidak sebaliknya.
Many to Many (M:M) Setiap entitas A dapat berhubungan dengan banyak
entitas himpunan entitas B dan demikian pula sebaliknya.
(source: E-Journal Teknik Elektro dan Komputer vol.5 no.
4 Januari – Maret 2016, ISSN : 2301-8402)
9. Komponen-Komponen UML(Sebutkan Dan
Jelaskan)?
Komponen – Komponen UML :
a. Use Case Diagram Use case diagram merupakan pemodelan untuk kelakuakn
(behavior) sistem informasi yang akan dibuat. Use case digunakan untuk
mengetahui fungsi apa saja yang ada di dalam sistem informasi dan siapa saja
yang berhak menggunakan fungsi-fungsi tersebut.
b. Diagram Aktivitas (Activity Diagram) Activity Diagram menggambarkan
workflow (aliran kerja) atau aktivitas
dari sebuah sistem atau proses bisnis.
c. Diagram Urutan (Sequence Diagram) Sequence Diagram menggambarkan
kelakuan objek pada use case dengan mendeskripsikan waktu hidup objek dan pesan
yang dikirimkan dan diterima antar objek
d. Diagram Kelas (Class Diagram) Merupakan hubungan antar kelas dan
penjelasan detail tiap-tiap kelas di dalam model desain dari suatu sistem, juga
memperlihatkan aturan-aturan dan tanggung jawab entitas yang menentukan
perilaku sistem.
(source: JURNAL KHATULISTIWA INFORMATIKA, VOL. IV, NO. 2
DESEMBER 2016)
10. Konsep OOP (Sebutkan dan jelaskan)?
Konsep dari OOP :
1. Perwarisan
Perwarisan adalah membentuk subkelas baru dari kelas utama/main
set(induk) sebelumnya.
2. Polimorfisme
Polimorfisme adalah objek yang memiliki banyak bentuk. Beberapa objek
akan dikatakan polimorfik jika memiliki interface yang identik , namun memiliki
perilaku yang berbeda.
3. Encapsulation
Encapsulation, yaitu mengemas suatu objek sehingga pada saat kita akan
memakai objek tersebut kita tidak perlu lagi tahu tentang detail bagaimana
suatu action itu terjadi.
(source:buku “Aplikasi-Data-Base”,
Mifthakul Huda, PT Alex Komputindo)
11. Bahasa dalah OOP(sebutkan dan jelaskan)?
-
JAVA
Java adalah bahasa
pemrograman tingkat tinggi yang berorientasi objek dan program java tersusun dari bagian yang disebut kelas .
-
PHP
5
PHP adalah
singkatan dari "PHP: Hypertext
Prepocessor", yaitu bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk
penanganan pembuatan dan pengembangan sebuah situs web dan bisa digunakan
bersamaan dengan HTML. PHP diciptakan
oleh Rasmus Lerdorf pertama kali tahun 1994.
-
RUBY
Ruby adalah bahasa
pemrograman dinamis berbasis skrip yang berorientasi obyek. Tujuan dari rubyadalah menggabungkan kelebihan dari semua bahasa- bahasa pemrograman
skrip yang ada di dunia.
-
C#
C# (dibaca: C sharp) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang berorientasi objek yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari inisiatif kerangka .NET Framework. Bahasa pemrograman ini dibuat berbasiskan bahasa C++ yang telah dipengaruhi oleh aspek-aspek ataupun fitur
bahasa yang terdapat pada bahasa-bahasa pemrograman lainnya seperti Java, Delphi, Visual Basic, dan lain-lain) dengan beberapa penyederhanaan. Menurut
standar ECMA-334 C# Language Specification, nama C# terdiri
atas sebuah huruf Latin C (U+0043) yang diikuti oleh tanda pagar yang menandakan angka # (U+0023). Tanda pagar # yang digunakan memang bukan tanda kres dalam
seni musik (U+266F), dan tanda pagar # (U+0023) tersebut digunakan karena
karakter kres dalam seni musik tidak terdapat di dalam keyboard standar.
EmoticonEmoticon