Pra Uts DDL 2 (SOAL NO 1-11)

01:05

1.       Apa Yang Dimaksud Dengan Pengembang Software?

Pengembangan software menurut Janner Simarmata dalam bukunya yang berjudul REKAYASA PERANGKAT LUNAK karena terjadinya krisis perangkat lunak pada tahun 1960 karena praktik rekayasa perangkat lunak kurang dapat diterima. Perkembangan perangkat lunak sampai sekarang terbagi dalam beberapa era, yaitu :
a.       ERA PEMULA
b.      ERA STABIL
c.       ERA MIKRO
d.      ERA MODERN
Pada bab 1.2.5 menyebutkan dengan berkembangnya permintaan untuk perangkat lunak pada organisasi lebih kecil, kebutuhan akan solusi perangkat lunak murah mendorong pertumbuhan menjadi lebih sederhana, metodologi yang lebih cepat, yaitu pengembangan untuk menjalankan perangkat lunak dari kebutuhan penyebaran yang lebih cepat dan lebih mudah.
(source:ebook/Rekayasa-Perangkat-Lunak,Janner Simarmata)


2.     Model Pengembangan Software terdiri dari (jelaskan dan sebutkan)?

Masih dalam buku Janner Simarmata yang berjudul REKAYASA PERANGKAT LUNAK model pengembangan software terbagi dalam beberapa proses, yaitu :
a.       MODEL PENGEMBANGAN AIR TERJUN
Kemunculan model air terjun untuk membantu mengatasi kerumitan yang terjadi akibat proyek proyek pengembangan perangkat lunak (Boehm 1976). Sebuah model air terjun  memacu tim pengembang untuk memerinci apa yang seharusnya perangkat lunak lakukan (mengumpulkan dan menentukan kebutuhan sistem) sebelum sistem tersebut dikembangkan.

Model ini memungkinkan pemecahan misi pengembangan yang rumit menjadi beberapa langkah logis (desain kode penguji dan seterusnya) dengan beberapa langkah yang pada akhirnya akan menjadi produk akhir yang siap pakai.
b.      PENDEKATAN PROTOTIPE
Sebuah prototipe adalah bagian dari produk yang mengekspresikan logika maupun fisik antarmuka eksternak yang ditampilkan.

c.       MODEL SPIRAL
Model spiral ini dikembangkan oleh Boehm (1988) berdasarkan pada pengalamannya dengan berbagai perbaikan pada model air terjun, model ini dititikberatkan pada pembuatan prototipe dan manajemen resiko yang sangat fleksibel jika dibandingkan dengan model air terjun. Dasar model ini adalah bahwa setiap bagian produk dan setiap tingkatan melibatkan urutan yang sama pada setiap langkah (siklus).

d.      MODEL PROSES PENGEMBANGAN ITERATIF
Model Iterative Development process (IDP) menggabungkan pembuatan prototipe dengan kekuatan dari model air terjun klasik.


(source: ebook /Rekayasa-Perangkat-Lunak,Janner Simarmata)


3.     ERD adalah?

ERD menurut buku METODE ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM oleh Prof Dr Sri Mulyani, AK, CA adalah tools yang digunakan untuk melakukan pemodelan data secara abstrak dengan tujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan struktur dari data yang akan digunakan (Bagui dan Erap, 2003)

(source: ebook/Metode-Analisi-Dan-Perangcangan-Sistem,Prof Dr Sri Mulyani)


4.     LRS adalah?

LRS (Logical Record Structure) merupakan representasi dari struktur record record pada table-tabel yang terbentuk dari hasil relasi antar himpunan entitas pada diagram E-R.

(Kusrini dalam Nugraha dan Oktasiana, 2016)


5.     UML adalah ?
Menurut buku Adi Nugroho yang berjudul REKAYASA PERANGKAT LUNAK BERORIENTASI OBJEK DENGAN METODE USDP, UML (UNINFIED MODELING LANGUAGE) adalah Bahasa pemodelan untuk system atau perangkat lunak yang berparadigma ‘berorientasi objek’, pemodelan sesungguhnya digunakan untuk penyederhanaan permasalahan-permasalahan yang kompleks sedemikian rupa sehingga lebih mudah dipahami dan dimengerti.
(source:ebook/REKAYASA-PERANGKAT-LUNAK-BERORIENTASI-OBJEK-DENGAN-METODE- USDP,Adi Nugroho)


6.     OOP adalah?

OOP (OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) dalam buku MEMBUAT APLIKASI DATABASE oleh Miftakhul Huda adalah metode pemograman yang mengikuti konsep-konsep berorientasi objek .
(source:ebook/membuat-aplikasi-database,Miftakhul Huda)


7.     Komponen-Komponen ERD (Sebutkan dan Jelaskan)?

Komponen-komponen ERD terdiri dari Entitas (Entity), Atribut (Attribute), Relasi (Relationship).

-Entitas adalah suatu objek didunia nyata yang dapat dibedakan didunia nyata.
Atribut merupakan semua informasi yang berkaitan dengan entitas.

-Relasi adalah penghubung antara entitas dan atribut.

(MANAJEMEN BASIS DATA MENGUNAKAN MySQL, Robi Yanto M.Kom, Yogyakarta, Februari 2016).

8.     Komponen-Komponen LRS (Sebutkan dan Jelaskan)?

Komponen – Komponen LRS :

-Ratio One to One (1:1) Setiap anggota entitas A hanya boleh berhubungan dengan satu anggota entitas B, begitu pula sebaliknya.

One to Many (1:M / Many) Setiap anggota entitas A dapat berhubungan dengan lebih dari satu anggota entitas B tetapi tidak sebaliknya.

Many to Many (M:M) Setiap entitas A dapat berhubungan dengan banyak entitas himpunan entitas B dan demikian pula sebaliknya.

(source: E-Journal Teknik Elektro dan Komputer vol.5 no. 4 Januari – Maret 2016, ISSN : 2301-8402)

9.       Komponen-Komponen UML(Sebutkan Dan Jelaskan)?  

Komponen – Komponen UML :
a. Use Case Diagram Use case diagram merupakan pemodelan untuk kelakuakn (behavior) sistem informasi yang akan dibuat. Use case digunakan untuk mengetahui fungsi apa saja yang ada di dalam sistem informasi dan siapa saja yang berhak menggunakan fungsi-fungsi tersebut.

b. Diagram Aktivitas (Activity Diagram) Activity Diagram menggambarkan workflow (aliran kerja)  atau aktivitas dari sebuah sistem atau proses bisnis.

c. Diagram Urutan (Sequence Diagram) Sequence Diagram menggambarkan kelakuan objek pada use case dengan mendeskripsikan waktu hidup objek dan pesan yang dikirimkan dan diterima antar objek

d. Diagram Kelas (Class Diagram) Merupakan hubungan antar kelas dan penjelasan detail tiap-tiap kelas di dalam model desain dari suatu sistem, juga memperlihatkan aturan-aturan dan tanggung jawab entitas yang menentukan perilaku sistem.

(source: JURNAL KHATULISTIWA INFORMATIKA, VOL. IV, NO. 2 DESEMBER 2016)

10.  Konsep OOP (Sebutkan dan jelaskan)?

Konsep dari OOP :

1.       Perwarisan

Perwarisan adalah membentuk subkelas baru dari kelas utama/main set(induk) sebelumnya.

2.       Polimorfisme

Polimorfisme adalah objek yang memiliki banyak bentuk. Beberapa objek akan dikatakan polimorfik jika memiliki interface yang identik , namun memiliki perilaku yang berbeda.

3.      Encapsulation

Encapsulation, yaitu mengemas suatu objek sehingga pada saat kita akan memakai objek tersebut kita tidak perlu lagi tahu tentang detail bagaimana suatu action itu terjadi.

(source:buku “Aplikasi-Data-Base”, Mifthakul Huda, PT Alex Komputindo)


 11.    Bahasa dalah OOP(sebutkan dan jelaskan)?

-          JAVA
Java adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berorientasi objek dan program java tersusun dari bagian yang disebut kelas .

-          PHP 5
PHP adalah singkatan dari "PHP: Hypertext Prepocessor", yaitu bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk penanganan pembuatan dan pengembangan sebuah situs web dan bisa digunakan bersamaan dengan HTML. PHP diciptakan oleh Rasmus Lerdorf pertama kali tahun 1994.

-          RUBY

Ruby adalah bahasa pemrograman dinamis berbasis skrip yang berorientasi obyek. Tujuan dari rubyadalah menggabungkan kelebihan dari semua bahasa-bahasa pemrograman skrip yang ada di dunia.

-          C#

C# (dibaca: C sharp) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang berorientasi objek yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari inisiatif kerangka .NET Framework. Bahasa pemrograman ini dibuat berbasiskan bahasa C++ yang telah dipengaruhi oleh aspek-aspek ataupun fitur bahasa yang terdapat pada bahasa-bahasa pemrograman lainnya seperti JavaDelphiVisual Basic, dan lain-lain) dengan beberapa penyederhanaan. Menurut standar ECMA-334 C# Language Specification, nama C# terdiri atas sebuah huruf Latin C (U+0043) yang diikuti oleh tanda pagar yang menandakan angka # (U+0023). Tanda pagar # yang digunakan memang bukan tanda kres dalam seni musik (U+266F), dan tanda pagar # (U+0023) tersebut digunakan karena karakter kres dalam seni musik tidak terdapat di dalam keyboard standar.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »